Rabu, 29 Juli 2020

Berikut Ini Beberapa Bagian Tubuh Sensitif Pada Manusia


Selama ini, alat vital merupakan salah satu bagian tubuh yang paling dilindungi pada setiap orang. Secara refleks, kita akan menghindari bagian tubuh tersebut dari benturan untuk mencegah munculnya masalah.

Walau alat vital merupakan bagian tubuh yang harus dilindungi, namun sesungguhnya terdapat bagian tubuh yang lebih sensitif. Bagian ini sangat peka terhadap rangsangan dan sentuhan.

Bagian tubuh sensitif yang dimiliki setiap orang ini pada dasarnya sama. Hal ini terjadi karena keberadaan sejumlah saraf dalam tubuh setiap orang.

Bagian tertentu dalam tubuh memiliki sensitivitas lebih tinggi dibanding bagian lainnya. Kondisi ini membuat mereka lebih peka terhadap rasa sakit atau bahkan sentuhan ringan yang terjadi.

Bagian tubuh ini perlu kita lindungi untuk mencegah munculnya masalah di kemudian hari. Berikut sejumlah bagian tubuh sensitif yang kita miliki :

1. Ujung Jari
Ujung jari cenderung lebih sensitif terhadap rasa sakit dibanding bagian tubuh lain. Hal ini mengapa bagian ini bisa melakukan berbagai pekerjaan halus serta mudah merasa sakit ketika teriris atau tertusuk.

Ujung jari dipenuhi oleh ujung saraf yang berhubungan langsung dengan otak. Oleh karena itu, ketika ujung jari mengalami rasa sakit, saraf yang berhubungan langsung dengan otak bakal mengirim sinyal rasa sakit dengan sangat cepat.

2. Tulang Kering
Tulang kering merupakan salah satu bagian tubuh yang hanya ditutupi oleh sedikit otot dan lemak. Hal ini menjadikan tidak ada bantalan cukup tebal jika terjadi benturan dengan tulang.

Oleh karena itu, bagian ini bakal mudah mengalami sakit ketika terbentur dengan berbagai hal. Selain itu juga, bagian tulang kering ini juga biasanya mudah mengalami lebam.

3. Lengkungan di Telapak Kaki
Rasa sakit yang kamu alami ketika menginjak sesuatu bakal terasa sangat menyebalkan dan tak tertahanan. Hal ini biasanya terjadi di bagian lengkungan pada telapak kaki.

Berbeda dari bagian telapak kaki lain yang menebal seiring waktu. Bagian lengkungan di telapak kaki biasanya memiliki ketebalan kulit yang lebih tipis sehingga sangat sensitif dan mudah merasakan sakit.

4. Bagian Dalam Siku dan Lutut
Bagian depan dan belakang siku serta lutut kita juga merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sensitif. Tidak seperti lutut dan siku yang memiliki tempurung, bagian ini tidak memiliki banyak perlindungan berupa otot maupun lemak.

Selain itu, bagian tulang di dekat siku juga dipenuhi oleh saraf di dalamnya. Perpaduan banyaknya saraf serta perlindungan yang sedikit membuatnya jadi sangat sensitif terhadap munculnya rasa sakit.

5. Bagian dalam Ketiak
Sama seperti pada bagian siku dan lutut, bagian dalam ketiak juga memiliki perlindungan yang sedikit. Selain itu, terdapat juga saraf yang sensitif terhadap rasa sakit dan geli.

Bagian ini bakal mengalami rasa sakit yang luar biasa ketika mengalami tekanan terutama yang keras. Beruntung bagian ini cukup tertutup dan terlindung sehingga kecil peluang mengalami masalah secara berlebih.

0 komentar:

Posting Komentar