Rabu, 01 Juli 2020

New Normal, Ini Cara Aman Saat Berbelanja Ke Mall Kesayangan Anda


Belanja atau sekadar window shopping di mall mungkin jadi salah satu cara buat mengusir stres bagi sebagian orang. Hal ini juga jadi cara refreshing diri yang paling mudah dan murah, terutama buat yang selalu sibuk dari Senin hingga Jumat dan ingin rebahan aja di akhir pekan. Sayangnya, masa pandemi yang terjadi beberapa bulan belakangan ini membuat banyak mall harus menutup jam operasional mereka demi mencegah penularan virus.

Untungnya di era new normal ini banyak mall yang kembali dibuka, tapi tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Buat yang sudah merindukan belanja di mall, pastinya kamu bisa bersorak gembira dong! Tapi, ingat-ingat selalu kalau risiko penularan virus masih bisa terjadi. Jadi, jangan lupa selalu terapkan beberapa tips ini biar tetap aman selama belanja di mall.

1. Pakai Masker Itu Wajib
Masker kini sudah jadi barang wajib dipakai saat keluar rumah. Begitu juga saat memutuskan untuk belanja ke mall. Pasalnya, masker punya peranan penting, yaitu menjadi filter udara sebelum masuk ke dalam saluran pernapasan, sehingga meminimalisir virus masuk ke dalam tubuh.

Selalu pakai masker kain buat mencegah penyebaran virus penyakit dari orang-orang yang terinfeksi, tapi nggak menyadarinya alias Orang Tanpa Gejala (OTG). Jangan lupa bawa selalu masker cadangan di dalam tas karena idealnya masker kain hanya bisa digunakan selama 4 jam. Segera cuci masker begitu sampai di rumah, jemur dengan benar, dan setrika masker sebelum digunakan kembali.

2. Pastikan Tertib Jaga Jarak
Sesuai rekomendasi WHO, patuhi aturan jaga jarak minimal 2 meter, misalnya mengantre saat membayar di kasir atau ketika membeli makanan di restoran. Kini, di mall pun sudah diterapkan protokol kesehatan dengan penanda khusus yang bikin para pengunjung lebih mudah memahaminya.

Mulai dari tanda berdiri di lift, garis-garis pemisah saat akan masuk dan melakukan pengecekan suhu tubuh, hingga total pengunjung yang dibatasi demi mengurangi kemungkinan terjadinya kerumunan. Begitu juga saat menaiki eskalator, jangan lupa untuk mengambil jarak dari pengunjung lain minimal 1 meter.

3. Saat Membeli Makanan di Restoran
Happy deh saat tahu restoran favorit kini kembali buka setelah sempat tutup akibat pandemi. Kini beberapa restoran atau tempat makan di pusat perbelanjaan mulai melayani pelanggan yang ingin makan di tempat alias dine in, tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat.

Jika ingin menikmati makan di tempat, pastikan kamu juga menerapkan protokol menjaga kebersihan diri dengan disiplin. Misalnya mencuci tangan sebelum makan dan hindari menyentuh benda lain yang berpotensi disentuh banyak orang. Jika perlu, bawa peralatan makan sendiri untuk memastikan kebersihannya. Namun jika ingin lebih leluasa menyantap makanan kesukaan, lebih baik ambil pilihan take away dan nikmati di rumah.

4. Gunakan Hand Sanitizer Setelah Menyentuh Benda yang Ada di Mall
Selama pandemi berlangsung, banyak data yang menunjukkan jika virus Covid-19 bisa bertahan hidup di permukaan besi, plastik, dan benda lain dalam hitungan jam. Saat tangan menyentuh benda-benda tersebut, virus bisa berpindah ke tangan dan masuk ke dalam tubuh lewat kebiasaan memegang wajah, menggaruk hidung, atau makan.

Nah, saat belanja di mall, risiko bersentuhan dengan benda lain yang dipegang banyak orang juga besar. Oleh karena itu, pastikan gunakan selalu hand sanitizer setiap usai menyentuh benda-benda tersebut. Misalnya saja tombol lift, pegangan eskalator, pegangan pintu, atau mesin ATM. Lakukan kebiasaan ini juga sebelum memegang atau membuka masker dan menyentuh wajah.
Hindari Mencoba Pakaian Saat Berbelanja

Meskipun belum ada penelitian yang menunjukkan berapa lama virus bisa bertahan di pakaian, tapi tetap ada kemungkinan terinfeksi saat memegangnya lalu nggak sengaja menyentuh wajah. Untuk mengurangi risiko itu, ada baiknya menghindari mencoba pakaian saat berbelanja, terutama apa pun yang mendekati wajah seperti syal, topi atau kacamata.

0 komentar:

Posting Komentar