Rabu, 16 September 2020

Ternyata 6 Hal Ini Bikin Baterai Ponsel Cepat Habis, Lho!

Sumber: pinterest.com

Bisa dikatakan smartphone sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi banyak orang. Dengan smartphone, kita bisa melakukan hal apapun dengan mudah, baik itu untuk berkomunikasi, mencari hiburan, fotografi, bermain game, mendengarkan musik, hingga mencari informasi terkini di internet. 

Baterai menjadi sumber daya utama yang dibutuhkan setiap smartphone. Ukuran baterai yang digunakannya juga berbeda-beda di setiap perangkat ponsel. Meski ukuran baterai yang digunakan smartphone kamu besar, tapi belum tentu daya tahan baterainya bagus dan mumpuni. Terdapat banyak faktor yang bikin baterai ponsel cepat habis. Apa sajakah itu? Simak selengkapnya yuk!

1. Kecerahan Layar yang Terlalu Tinggi
Sumber: pinterest.com

Ketika sedang berada di tempat yang cerah, kadang kita perlu menaikkan kecerahan layar ponsel supaya lebih mudah membaca layar. Ternyata ini menjadi penyebab kenapa baterai ponsel cepat boros, lho. Untuk meminimalisirnya, segeralah atur tingkat kecerahan layar HP serendah mungkin, pastikan jika kamu bisa membaca layar HP dengan mudah. Kalau gak ingin ribet, kamu bisa menggunakan fitur kecerahan layar otomatis. Jadi, kecerahan HP kamu bisa diatur sesuai dengan kondisi cahaya yang ada di sekitar secara otomatis. 

2. GPS Aktif Seharian
Sumber: pinterest.com

GPS yang menyala terus-menerus juga menjadi faktor baterai smartphone cepat habis. Kalau GPS tidak dimatikan, maka sistem bakal terus beroperasi melacak lokasi kamu berada ketika terhubung dengan internet. Fitur satu ini memang berguna banget bagi sebagian orang sehingga GPS diaktifkan sepanjang hari. Agar baterai smartphone kamu gak boros, ada baiknya matikan fitur GPS saat tidak dibutuhkan.

3. Aplikasi yang Berjalan Terus di Belakang Layar
Sumber: pinterest.com

Hal lainnya yang bikin baterai smartphone cepat boros adalah terdapat aplikasi-aplikasi yang berjalan terus-menerus di belakang layar. Meski gak semua aplikasi seperti itu, namun ada beberapa aplikasi yang terus beroperasi di latar belakang dengan tujuan tertentu. Selain bikin baterai HP Samsung A7 cepat habis, hal ini juga bisa menguras data internet di smartphone. Oleh karena itu, nonaktifkanlah aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang agar baterai HP kamu gak cepat boros.

4. Menggunakan Aplikasi Secara Berlebihan
Sumber: pinterest.com

Beberapa aplikasi di smartphone seperti music streaming dan video bisa membuat daya baterai HP terkuras banyak jika digunakan secara berlebihan. Kalau kamu ingin mencari informasi atau membaca berita, ada baiknya membaca di internet ketimbang menonton video. Hindari juga bermain game dalam jangka waktu yang panjang sebab dapat menguras daya dengan cepat bahkan membuat waktu pakai baterai cepat menurun. 

5. Charger Ponsel Semalaman
Sumber: pinterest.com

Hal ini sepertinya sering dilakukan banyak orang. Tujuannya sih biar saat bangun tidur baterai HP nya sudah terisi penuh dan bisa mainin HP sepuasnya. Padahal, mengisi daya baterai hingga semalaman bukan cuma membuat baterai cepat boros, tapi juga bikin ponsel tipe Samsung A7 2018 cepat rusak. Saat baterai sudah terisi penuh 100% lebih baik segera dicabut. Sehingga masalah baterai cepat boros dan smartphone rusak pun bisa teratasi dengan baik.

6. Mencharger HP dalam Kondisi Daya Baterai 0%
Sumber: pinterest.com

Guys, mengisi daya HP saat kondisinya kosong atau mati juga menjadi penyebab baterai HP cepat boros. Kalau hal ini sering dilakukan, maka masalah baterai cepat habis hingga rusak pun bisa terjadi. Maka dari itu, segeralah tinggalkan kebiasaan mengisi daya HP dalam kondisi baterai yang kosong ataupun mati. Dengan begitu, baterai kamu pun bisa awet dan gak cepat habis.

Kira-kira hal mana nih yang sering kamu lakukan pada smartphone kamu? 

0 komentar:

Posting Komentar