Senin, 14 Desember 2020

10 Barang Ini Biasanya Dijadikan Isi Hantaran Seserahan Pernikahan


Pemberian hantaran seserahan pernikahan adalah salah satu prosesi yang harus ada menjelang acara pernikahan di Indonesia. Umumnya yang melakukan hantaran ini adalah pihak keluarga pria untuk keluarga pria untuk keluarga mempelai wanita sebagai simbol bekal untuk kehidupan nanti sang wanita. Sebenarnya isi seserahan pernikahan itu tidak ada barang wajib yang harus sama pada setiap seserahan masing masing orang.

Biasanya seserahan yang menjadi hantaran  dari pihak pria ini berisi barang barang keperluan sang calon pengantin wanita, yang nantinya bisa digunakan oleh sang wanita. Tetapi adanya beberapa barang yang wajib disiapkan sebagai hantaran seserahan pernikahan. Memang tidak ada ketentuan yang mewajibkan, tetapi adanya beberapa tradisi seperti tradisi Jawa yang biasanya memberikan kotak seserahan berjumlah ganjil mulai dari 5,7, 9, 11, dan seterusnya.

Berikut dibawah ini beberapa barang yang biasanya dijadikan hantaran seserahan pernikahan untuk calon pengantin perempuan, diantaranya yaitu :

1. Seperangkat Perlengkapan Ibadah
Perlengkapan ibadah adalah barang seserahan pernikahan yang wajib ada. Ini menjadi simbol bahwa agama merupakan tumpuan utama dalam hidup. Isi seserahan perlengkapan ibadah ini bisa disesuaikan dengan agama kedua calon pengantin. Bagi mereka yang beragama islam, seserahan pernikahannya berupa Al Quran, mukena, sajadah, serta tasbih. Sedangkan bagi yang beragam Kristen berupa Alkitab dan salib.

2. Perlengkapan Makeup
Biasanya untuk perlengkap make up ini sang wanita sangat concern, sehingga biarkan mereka memilihnya sendiri. Pasalnya selain itemnya lumayan banyak dan para pria belum tentu paham, para wanita juga biasanya memiliki brand khusus yang berbeda beda untuk setiap produk kosmetik yang digunakannya.

3. Perhiasaan
Hantaran seserahan pernikahan berupa perhiasaan ini memiliki arti bersinar serta penuh harapan.  Tetapi perhiasaan yang dijadikan hantaran seserahan ini adalah hasil kesepakatan bersama sesuai dengan budget kalian. Jika sang wanita menginginkan sebuah perhiasaan, dan pihak pria menyanggupinya maka hantaran perhiasan bisa menjadi isi seserahan pernikahan yang akan diberikan nanti.

4. Perlengkapan Mandi
Biasanya perlengkapan mandi yang dijadikan hantaran isi seserahan ini seperti sabun, shampoo, handuk, shower puff, produk perawatan tubuh, serta wewangian.

5. Pakaian Dalam
Calon pengantin pria juga harus mempersiapkan pakaian dalam untuk dijadikan isi seserahan pernikahan. Biasanya isinya terdiri dari satu set underwear, lingerie, serta baju tidur. Tetapi untuk masalah ini biasanya sang wanita telah memilihkan barang barangnya lalu diserahkan pada sang pria untuk dihias ke dalam kotak seserahan supaya lebih cantik.

6. Perlengkapan Pesta
Perlengkapan pesta yang dijadikan sebagai hantaran isi seserahan ini bermacam macam seperti kebaya dari kain, heels, tas, dress, hingga jam tangan.

7. Tas 
Hampir setiap wanita menyukai item tas ini. Jadi calon mempelai pris bisa menjadi item fashion yang satui ini sebagai isi hantaran seserahan.

8. Sepatu
Sama seperti tas, para pria juga bisa memasukkan sepatu kedalam kotak seserahan. Mereka bisa memilih high heels atau flat shoes.

9. Makanan Dan Buah Buahan
Hantaran seserahan pernikahan dirasa belum lengkap tanpa disertai makanan dan buah buahan. Sebagai contoh untuk beberapa tradisi budaya seperti Betawi yang wajib menyiapkan roti buaya serta ada juga beberapa tradisi yang membawa makanan manis supaya  garapan kehidupan calon pengantin nanti selalu manis.

10. Daun Sirih Atau Suruh Ayu
Adanya daun sirih dalam isi seserahan adalah sebagai simbol doa akan keselamatan serta kebahagian kedua calon mempelai, untuk mengarungi kehidupan baru nanti. 

0 komentar:

Posting Komentar