Minggu, 28 Maret 2021

Mengenal Mimpi dan Hubungannya Dengan Kesehatan dari SehatQ.com


Mungkin Anda sering mendengar orang-orang mengatakan bahwa mimpi adalah bunga tidur semata. Tidak perlu dicemaskan atau dipikirkan terlalu berlebihan sebab mimpi hanya sepintas lalu. Namun, ada sebagian orang yang resah dengan mimpi buruk sehingga berdampak buruk bagi kesehatan. Mimpi masih tergambar jelas dan membuat masalah kesehatan seperti gangguan kecemasan, gangguan tidur, sulit berkonsentrasi, dan lain-lain. Bila Anda mengalami masalah tersebut, sebaiknya segera menghubungi dokter SehatQ, ya!

Memahami kejadian mimpi dalam tidur

Primbon mimpi tidak akan cukup membantu Anda untuk mengatasi mimpi buruk yang acap terjadi. Penyakit atau masalah kesehatan tubuh bisa saja membuat Anda semakin cemas dan mengalami gangguan berupa anxiety dreams. Berdasarkan pendapat para ahli mengungkapkan bahwa mimpi bisa menggambarkan kesehatan mental, emosional dan fisik seseorang. Umumnya manusia mengalami mimpi selama 4-6 jam setiap hari yang terjadi saat kondisi tidur dalam tahap REM atau Rapid Eye Movement.

Rapid Eye Movement adalah momen saat otak berada pada kondisi paling aktif sehingga memberikan cerita atau gambaran tertentu. Tidak hanya sering terjadi pada anak-anak usia dibawah 10 tahun saja, mimpi yang memberikan gambaran buruk juga bisa melanda orang dewasa, khususnya perempuan yang bermimpi buruk lebih sering daripada laki-laki. Ada beberapa penyebab kondisi seseorang mengalami mimpi yang kurang menyenangkan yaitu stress, trauma, efek menonton film horor atau thriller, dan lain-lain.

Cara mengatasi mimpi buruk yang bisa Anda coba

Jika Anda sering mengalami mimpi yang kurang baik, maka upayakan untuk mengatasi masalah tersebut. Tidak ada yang bisa menghentikan mimpi melanda Anda setiap tidur, tapi upaya mencegah dan mengatasi bisa Anda coba sendiri. Berikut beberapa tips mengatasi mimpi kurang baik dalam tidur Anda yaitu :

1. Menjaga kesehatan tubuh dengan baik 
Upayakan untuk memiliki tubuh yang sehat dengan rajin berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat dan istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup dengan mengatur waktu tidur dan bangun bisa membuat Anda terhindar dari risiko mimpi yang memiliki gambaran tidak baik.

2. Mengatur suasana kamar yang lebih nyaman 
Kamar yang nyaman bisa membuat Anda menikmati waktu tidur lebih berkualitas. Hindari menyalakan elektronik atau bermain ponsel jelang tidur sebab bisa membuat otak Anda bekerja alih-alih rileks dan istirahat. Menggunakan aromaterapi atau mendengarkan musik santai bisa merileksasi pikiran Anda sebelum tidur.

3. Hindari konsumsi obat penenang, kafein dan alkohol 
Akibat insomnia yang melanda, Anda mengkonsumsi obat penenang agar bisa tidur dengan baik bukan solusi terbaik. Selain itu, Anda tidak disarankan mengkonsumsi kopi atau alkohol jelang tidur. Sebaiknya Anda yang gemar kafein wajib konsumsi kopi sebelum pukul 5 sore agar tidak alami gangguan tidur setelah pukul 10 malam.

4. Melakukan hal positif 
Kegiatan yang positif bisa membuat Anda terhindar dari risiko mimpi yang buruk. Coba tulis rencana esok hari yang bisa membuat Anda lebih produktif dan mensugesti pikiran lebih positif.

5. Konsultasi dengan ahli 
Bila Anda mengalami mimpi yang kurang baik terus menerus hingga mengganggu aktivitas harian, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter. Dokter akan menganalisa dan memberikan solusi atas permasalahan mimpi yang Anda alami dengan mengetahui penyebabnya. Bila Anda sering bermimpi karena efek gangguan mental, dokter akan memberikan resep obat, psikoterapi dan teknik relaksasi.

Beberapa cara mengatasi mimpi buruk di atas bisa menjadi rekomendasi Anda agar memiliki waktu tidur yang lebih baik. Bila gangguan mimpi telah menyebabkan masalah kesehatan yang serius, Anda bisa segera berkonsultasi dengan dokter di SehatQ. Unduh aplikasi SehatQ.com untuk mendapatkan ragam informasi kesehatan, konsultasi masalah kesehatan dan booking layanan dari dokter dan klinik terkait lebih praktis lewat ponsel sekarang juga.

0 komentar:

Posting Komentar